Minggu, 15 Desember 2013

~Make a Clock from recycle things~


Hari ini waktunya craft with my kids,... Tema craft hari ini "membuat jam dinding" dari barang bekas,... Kebetulan jam dinding di kamar sudah rusak,... sebetulnya bisa sih beli jam dinding baru,..  H̶̲̥̅̊є̲̣̥є̲̣̣̣̥ h̶̲̥̅̊є̲̣̥є̲̣̣̣̥. h̶̲̥̅̊є̲̣̥є̲̣̣̣̥ ,... tetapi saya ingin cari aktifitas untuk anak-anak,... dan mengajarkan pada mereka untuk memanfaatkan barang-barang yang ada,.. hingga menjadi barang yang berguna. Sehingga mereka dapat belajar arti menghargai.

Sudah menjadi kebiasaan aku di sabtu sore, selalu bertanya pada anak-anak, kegiatan apa yang ingin mereka lakukan dirumah, jika aku tidak ada rencana mengajak mereka keluar jalan-jalan,... baking, cooking or crafting... soooo,.. tetap melewatkan hari dengan "fun". Dan every Monday crafting,... anak-anak WAJIB bangun pagi-pagi!!  Ngga ada yang males-malesan di tempat tidur,... narik selimutnya and kembali tidur,.... NO WAY!!!!!

Aku meminta mereka bertiga mencari perlengkapannya sendiri. seperti kardus bekas aqua gelas, piring, pinsil, stik es krim yang sudah tidak terpakai, aibon, gunting, alat cat air, sedangkan mesin jam, aku sengaja beli di online shop "nupi-nupi". kemudian aku meminta aldo untuk mencetak atau membuat lingkaran dengan menggunakan  piring besar, sedangkan ferdi membuat lingkaran kecil-kecil dengan cetakan dari lingkaran gelas.

 
Setelah membentuk gambar lingkaran di kardus,...  saya membantu menggunting kardus tersebut. karena kardusnya agak tebal jadi saya pikir anak-anak tidak mampu mengguntingnya.  Nah,.. sekarang kami sudah punya lingkaran kardus.

 
Ferdi juga sudah selesai membuat pola lingkaran kecil di kardus yang lain sebanyak 12 lingkaran kecil. lalu lingkaran itupun saya gunting-gunting. Karena Matahari mulai naik,... ditambah kak ferdi "pundung",.. lantaran rebutan gunting sama aldo tadi. akhirnya ferdi lari ke kamar,... and akhirnya jadi mamy deh yang menggunting lingkarannya.

 '
Oke deh,... karena suasana udah mulai ngga enak,... sudah ada salah satu yang ngambek,.. akhirnya  kita pindah mengerjakan craft di kamar Koi-2. Biarlah yang ngambek dicuekin dulu aja,... nanti juga kalau udah hilang ngambeknya, semangat lagi on  crafting.

 

Perlengkapan alat lukis saya  korbankan untuk craft anak-anak, soalnya  sekarang saya juga jarang painting di atas kain atau sendal. Sejak  Perlengkapan Lukis saya ikut terbakar, pada saat terjadinya kebakaran di "kamar Koi", saya jadi malas lagi melukis. Hanya sekotak cat air ini saja yang bisa saya selamatkan. Yah, dari pada tidak terpakai, lebih  baik dimanfaatkan untuk sarana belajar anak-anak dalam menggali kreatifitas mereka. Dan perlengkapan disebelahnya adalah gunting, pulpen dan stik es krim,...

 
 
Nah,.. kalau ini  adalah mesin jam dinding, yang saya beli via online beberapa hari lalu,... tadinya mau buat jam dari bahan kain flanel. tapi saya rasa agak terlalu sulit buat anak-anak. lem yang digunanakan adalah lem astero, lem ini bisa digunakan untuk semua media kaca, kertas, flanel, plastik, logam,dll. dan memang lem ini biasa digunakan untuk crafting.

 
 Anak-anak mulai mewarnai stik es krim dan lingkaran karton kecil, dengan warna-warna yang ngejreng, supaya menarik bentuk jamnya nanti.

   

 Setelah beberapa stik es krim yang di warnai kering,... lalu menempelkan stik tersebut pada Kardus badan jam satu persatu, dan menempelkan lingkaran kecil yang diberi angka-angka dengan menggunakan lem astero.

   

 Setelah stik es krim dan lingkaran kecil terpasang pada badan jam, hanya tinggal mewarnai yang belum diwarnai. Terakhir saya memasangkan mesin jam pada bagian tengah dari badan jam, dan memasangkan batu baterainya. Nahhhhh,... jadi dehhhh jam nya. Meskipun terbuat dari stik dan kardus bekas,.. tetapi jam dinding ini berfungsi loh,.. jadi bukan sebagai pajangan aja yaaa... semoga bisa membantu ibu-ibu dalam mencari ide untuk kreatifitas anak-anaknya. amiennnn,.... semoga bermanfaat.


 












  







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hi, .. Thank you for visiting and taking your time to read my posts in this blog. Although sometimes I can not always reply to every comment that comes, but I am very happy to receive and read it.

I'm waiting for comments, feedback, emails and sharing your posting. Hope you enjoy visiting my blogspot.
Greetings success!!